Diy (Do It Yourself) Membersihkan Ac (Air Conditioner) Sendiri

Air Conditioner (AC) di zaman dikala ini sudah bukan barang glamor lagi, sudah beberapa rumah memakai AC, baik di kota maupun di pedesaan. Apalagi dikala ini Cuaca Panas dimusim kemarau sangat menganggu aktifitas dirumah, terutama dikala tidur malam dikamar yang ventilasi kurang bagus. Seperti dikamar saya, kalau Boven dibuka maka nyamuk masuk kerumah, dan kalau boven ditutup otomatis sirkulasi udara tidak lancar, hasilnya di dalam kamar sangat panas dan pengap, sehingga saya memasang AC dikamar saya. Meskipun daya listrik cuma 900 watt, maka saya menjatuhkan pilihan di AC LG hercules Inverter 260 watt. dan tidak mengecewakan Hemat energi listrik.



Masalah muncul ketika digunakan beberapa bulan AC kurang dingin, bahkan untuk mencapai 27 derajat butuh waktu yang lama, ini merupakan tanda-tanda bahwa AC sudah perlu untuk dibersihkan,

Biasanya saya rutin membersihkan saringan udara 1-2 ahad sekali, tapi untuk bab dalam AC saya belum pernah membersihkannya, sudah lebih dari 6 bulan. Akhirnya daripada mengundang tukang AC, maka saya mencoba membersihkan AC dirumah saya sendiri.

Langkah pertama yang saya lakukan yaitu mematikan sumber tegangan yang masuk ke AC, alasannya saya memasang MCB sebelum masuk ke AC maka saya cukup mematikannya saja MCB tersebut


Buka Penutup AC dengan menarik keatas dengan memegang sisi bab kanan dan kiri, kemudian tarik keatas.


Siapkan Obeng + (plus) kemudian lepaskan 2 buah sekrup yang ada dibalik epilog AC tersebut

Kemudian lihat bab bawah, ada sebuah knop, didalam knop tersebut juga ada sekrup + (plus), buka knop tersebut, kemudian lepaskan dua buah sekrup yang ada di sisi kiri dan kanan.







 sebanyak 4 buah sekrup telah dilepaskan, maka AC siap untuk diseksekusi


Dengan sedikit mencongkel, lepaskan pengait epilog AC bab bawah, hati-hati jangan hingga pengaitnya patah.


Penampakan sehabis epilog AC bab bawah dilepas, wow...... ternyata sudah kotor sekali, banyak bubuk dan sarang laba-laba disitu... heheh..., langkah berikutnya melepas tutup utama AC tersebut dengan cara sedikit merenggangkan epilog di sisi kiri dan kanan, kemudian tarik ke atas pelan-pelan, maka epilog AC akan terbuka.




AWAS !! Jangan lupa untuk melepaskan soket lampu AC yang ada di tutup AC dengan mesin AC, sehingga tutup AC dapat dilepaskan dengan sempurna.


Tarik keatas tutup AC, dan wow.. kelihatan daleman AC nya, ternyata kotor buanget.. hehehe.... pantesan mulai nggak dingin.

Letakkan tutup AC di daerah yang aman, hati-hati jangan hingga terinjak heheh...he..


Ini penampakan AC yang telah telanjang, alasannya bajunya sudah dilepas... hehe..



Biasanya kalau tukang servis AC memakai air untuk membersihkan kisi-kisi AC, air disemprotkan ke Kisi-kisi evaporator AC tersebut, tapi alasannya saya males membersihkan kamar, yang kemungkinan besar akan becek alasannya air, selain itu saya juga ngggak punya penyemprot air, untuk menyemprot kisi-kisi evaporator, maka saya gunakan kuas saja untuk membersihkan debu-debu tersebut.

Kuas dengan hati-hati, bersihkan setiap bubuk yang menempel, hati-hati jangan hingga kisi-kisi nya bengkok dan rusak, gunakan kuas yang lembut.. jangan sikat WC ya.. !!!


Setelah bab atas dibersihkan saatnya mebersihkan bab dalam atau kipas/blower dari AC tersebut, siapkan obeng Plus (+) lagi untuk membuka sekrup lagi, berarti total ada 5 buah sekrup yang kita lepas (diingat baik-baik  jangan hingga lupa  heheheh). Lepaskan sekrup bersahabat motor stepper pengatur arah angin.


Lepaskan pengait pelan-pelan, jangan hingga patah.. (saya sudah matahin satu pengait utnung ada 3 pengait... alasannya kurang hati-hati heheh)


Tarik perlahan susukan pembuangan airnya, hingga lepas... dan akhirnya.. lepas deh.... jangan lupa siapkan waskom untuk daerah air, biasanya disitu ada talang air, dan masih ada air yang tersimpan disitu... jangan hingga kamar jadi becek.. ntar... istri dapat marah... hehehe..


Penampakan Kipas/blower AC yang banyak bubuk yang melekat dan cukup tebal.. woww... pantesan anakku kemarin kena Flu.. banyak bubuk di AC tersebut....




Bersihkan bab kipas/blower tersebut dengan kuas, pelan-pelan dan hati-hati, kalau bubuk melekat berpengaruh dapat diberikan sedikit air, (klo tukang servis biasanya disemprot air)



Jika sudah bersih, kembalikan lagi epilog AC, dengan langkah kebalikan dari urutan diatas.

Akhirnya malam ini AC cukup dingin.... gres beberapa menit AC dinyalakan, suhu dari 32 derajat pribadi turun jadi 27 derajat.. dengan cepat.... wussssss.....dan tidur  pun jadi nyenyak... :)













Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Diy (Do It Yourself) Membersihkan Ac (Air Conditioner) Sendiri"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel