Kumpulan Soal Ukg Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Titl) Instruksi 617 Kini Menjelma Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (Tiptl) Instruksi 673

Uji Kompetensi Guru disingkat UKG yaitu sebuah kegiatan Ujian untuk mengukur kompetensi dasar wacana bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content Guru. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan yaitu integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas

Guru yaitu pendidik profesional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi akseptor didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.[2] Guru harus mempunyai kualifikasi akademik minimum sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV), menguasai kompetensi (pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian), mempunyai akta pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta mempunyai kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.


Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru
Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 wacana Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional yaitu pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu membuatkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Kondisi dan situasi yang ada menjadi alasannya masing-masing guru mempunyai perbedaan dalam penguasaan kompetensi yang disyaratkan. Untuk mengetahui kondisi penguasaan kompetensi seorang guru harus dilakukan pemetaan kompetensi guru melalui uji kompetensi guru. Uji kompetensi guru (UKG) dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Peta penguasaan kompetensi guru tersebut akan dipakai sebagai dasar pertimbangan dalam sumbangan aktivitas pelatihan dan pengembangan profesi guru. Output UKG difokuskan pada identifikasi kelemahan guru dalam penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional.

UKG wajib diikuti semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS. Pelaksanaan UKG melibatkan aneka macam instansi antara lain BPSDMPK-PMP, LPMP, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Agar seluruh instansi yang terlibat dalam pelaksanaan UKG mempunyai pemahaman yang sama wacana prosedur pelaksanaan UKG, maka perlu disusun informasi yang lengkap wacana prosedur pelaksanaan UKG tahun 2012  (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Uji_kompetensi_guru)



Soal latihan UKG KLIK Disini:


USER NAME : ukg
PASSWORD : tiptl

Jika soal tidak muncul ulangi dengan klik Refresh/reload pada browser







berikut ini screen shoot hasil ukg saya, untuk kompetensi pedagogik jawabannya saya hanya benar 14 dari 30 soal :) , lantaran jawabannya mirip-mirip, sehingga susah juga untuk menjawabnya.

sedangkan untuk kompetensi Profesional cukup puas dengan benar 54 dari 70 soal (berkat sering mencar ilmu soal-soal latihan diatas),, namun ada juga beberapa soal yang tidak ada jawabannya atau soalnya membingungkan :)

total skor saya 68 dari 100 soal UKG,
 alhamdulillah di syukuri.... lantaran ini sudah termasuk tertinggi 
(dari semua guru di aktivitas keahlian TIPTL di sekolah saya )




Unduh Kumpulan Soal UKG Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) kode 617 kini berkembang menjadi Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) kode 673 DAN KUMPULAN SOAL PEDAGOGIK  KLIK DISINI

Latihan soal UKG mapel TIK/KKPI klik disini   dan disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kumpulan Soal Ukg Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Titl) Instruksi 617 Kini Menjelma Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (Tiptl) Instruksi 673"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel