Membuat Kendaraan Beroda Empat Remote Control Dengan Remote Tv Dengan Mikrokontroller Atmega 326 Dan H Bridge L293d






Suatu hari aku jalan-jalan bersama keluarga melihat pertunjukan pasar malam di kota Sragen. Nah.. dikala melihat sebuah mainan kendaraan beroda empat Radio remote control, anak aku tertarik untuk membeli, sebab harganya cukup murah Rp. 35 ribu rupiah, mungkin sebab produk china sehingga harga cukup murah. dikala aku lihar rangkaian sangat sederhana sekali, hanya ada 1 IC saja, biasanya untuk yang harga ratusan ribu dilengkapi dengan transistor.





Nah... ternyata benar, harga menntukan kualitas, gres 3 hari rangkaian RC kendaraan beroda empat sudah rusak, tidak sanggup di jalankan sama sekali, dan repotnya, semua rangkaian ada dalam 1 IC sehingga, sangat sulit untuk memperbaiki, kecuali dengan mengganti IC tersebut, dan aku yakin IC tersebut tidak ada di pasaran Indonesia, mungkin klo di negara China banyak...:)

Daripada kendaraan beroda empat remote tersebut nganggur, maka aku buatkanlah sebuah kontrol remote kendaraan beroda empat memakai Remote televisi, dengan memakai IC atmega 328 sebagai controllernya, dan sebagai H Bridge untuk kontrol motor, aku memakai IC L293D.




Langkah Pertama kali aku buat design dengan corat coret di kertas sebagai berikut :



Menyiapkan Bahan yang diharapkan :
1. IC Atmega 328
2. IC L293D
3. Sensor Infra red Tosp
4. Software Arduino IDE

lalu proses perakitan dan pensolderan komponen, pastikan gunakan soket untuk IC semoga soket tidak terkena panas berlebihan.






Setelah pembuatan Hardware final dilanjutkan dengan pembuatan Program, disini aku memakai software Arduino IDE, dimana Board Arduino aku yaitu Board Arduino UNO R3.



Masukkan Sketch dengan memakai Arduino IDE, untuk mengecek aba-aba Tombol Remote TV. Sketch sanggup diunduh disini
Setelah sketch dimasukkan, klik tool--Serial monitor pada software Arduino IDE, lalu tekan remote dan arahkan pada Sensor IR. Maka dilayar akan tampil aba-aba tombol remote yang ditekan.




Setelah aba-aba remote di catat, masukkan ke dalam sketch kedua, dapat di klik disini.


Uji coba dulu di board Arduino Uno R3




Setelah Uji coba di board Arduino UNO R3, pasang IC di Sysmin buatan sendiri.














Rangkaian siap untuk digunakan, nah yang jadi masalah, batrenya untuk mikrokontroller minimal tegangannya harus 5 V, disini sementara aku memakai power bank.








Tombol fungsi remotenya yaitu ibarat gambar :

  • Tombol Up= maju
  • Tombol Down = mundur
  • Tombol Right = Kanan
  • Tombol Left = Kiri
Video Uji Coba







Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Membuat Kendaraan Beroda Empat Remote Control Dengan Remote Tv Dengan Mikrokontroller Atmega 326 Dan H Bridge L293d"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel