Ebook : Make Big Led Water Level Indicator (Membuat Indikator Ketinggian Air Tandon Dengan Lampu Led)



Ide pembuatan alat ini, saat aku akan mandi, tiba-tiba saat aku mernyalakan Kran air, air tidak keluar. Padahal tandon air aku memakai otomatis berupa pelampung bandul brand “Radar”, dimana pompa air otomatis mengisi  tandon kalau air tinggal separoh.
Langsung aku naik ke tower kawasan tandon air, ternyata tali bandul pelampung putus, sehingga switch otomatis tidak tertarik, kesannya pompa air tidak mennyala.
Timbulah inspirasi aku untuk menciptakan indikator level air, sehingga bila terjadi hal diatas, akan segera di ketahui dan sanggup diatasi.
JADI ALAT INI HANYA UNTUK MENGETAHUI LEVEL/KETINGGIAN AIR SAJA, BUKAN KONTROL KETINGGIAN AIR !!



Foto Proses Pembuatan
PCB lobang, dan Frame untuk cover dari acrelic

PCB aku cat semoga berwarna hitam

Pemasangan komponen pada PCB lobang






Siap diuji coba ;






Uji coba dulu di baskom :









Pemasangan kabel pita untuk menyambung display dan sensor ultrasonic


Rangkaian sudah terpasang di dinding :








PETUNJUK ;
1. Rakit rangkaian sesuai dengan skema, untuk IC Atmega 328 gunakan soket IC 28 Pin.
2. masukkan sketch tandon air.ino
3. Buka dengan software ARDUINO IDE.
4. Masukkan sketch dengan Board Arduino UNO.
5. Cabut IC atmega 328 dari board Arduino UNO, lalu pasang pada rangkaian anda.
6. Jika  ukuran tinggi tandon tidak menyerupai sketch, modifikasilah sketch sesuai kebutuhan.

UNDUH FULL PROJECT KLIK DISINI



Video Prakteknya :




Mau Buat Jam Waktu Sholat dengan arduino??




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ebook : Make Big Led Water Level Indicator (Membuat Indikator Ketinggian Air Tandon Dengan Lampu Led)"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel